NASA Beberkan Foto Planet Mars, Simak

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 February 2021 21:20
This photo made available by NASA shows the first image sent by the Perseverance rover showing the surface of Mars, just after landing in the Jezero crater, on Thursday, Feb. 18, 2021. (NASA via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ilmuwan NASA mempresentasikan foto awal dari pendaratan sempurna pesawat robotik Perseverance di Planet Mars pada Jumat (19/2/2021). Foto ini termasuk selfie kendaraan roda enam yang menggantung tepat di atas permukaan Planet Merah beberapa saat sebelum pendaratan.

Foto berwarna tersebut diambil oleh kamera yang dipasang pada kendaraan antariksa seukuran mobil yang mendarat pada Kamis (18/2/2021) lalu.

Gambar tersebut diungkapkan oleh manajer misi selama siaran berita online dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA dekat Los Angeles kurang dari 24 jam setelah pendaratan Perseverance.


Foto tersebut menunjukkan seluruh kendaraan digantung dari tiga kabel yang terlepas dari skycrane, bersama dengan kabel komunikasi "umbilical". Terlihat pusaran debu yang ditimbulkan oleh pendorong roket crane.

Gambar laboratorium sains yang menjuntai, mencolok karena kejernihan dan indra geraknya, menandai foto close-up pertama pesawat ruang angkasa yang mendarat di Mars, atau planet mana pun di luar Bumi.

"Ini adalah sesuatu yang belum pernah kami lihat sebelumnya," kata Aaron Stehura, wakil pimpinan tim penurunan dan pendaratan misi, dikutip dari Reuters. Stehura dan rekannya sebagai terpesona saat pertama kali melihat gambar tersebut.

Adam Steltzner, kepala insinyur untuk proyek Perseverance di JPL, mengatakan bahwa dia menemukan gambar itu langsung menjadi ikon, sebanding dengan bidikan astronot Apollo 11 Buzz Aldrin yang berdiri di bulan pada tahun 1969, atau gambar Saturnus dari satelit Voyager 1 pada tahun 1980.

Dia mengatakan foto tersebut adalah momen penting yang mewakili kerja tahunan yang dilakukan oleh ribuan orang.

Minggu depan, NASA berharap untuk menampilkan lebih banyak foto dan video, beberapa mungkin dengan audio, yang diambil oleh keenam kamera yang ditempelkan pada pesawat Perseverance.

This image made available by NASA depicts a possible area through which the Mars 2020 Perseverance rover could traverse across Jezero Crater. This mosaic is composed of aligned images from the Context Camera on the Mars Reconnaissance Orbiter. (NASA/JPL-Caltech/USGS via AP)Foto: Ilsutrasi Kawah Jezero, Mars (NASA/JPL-Caltech/USGS via AP)

Foto berwarna lain yang diterbitkan pada hari Jumat, diambil beberapa saat setelah kedatangan Perseverance, menunjukkan hamparan medan berbatu di sekitar lokasi pendaratan, yakni di Kawah Jezero.

Dalam misi kali ini, NASA akan mencari sedimen yang bisa berisi petunjuk untuk organisme yang telah lama punah di Planet Mars.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading
e-sports 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|